Sabtu, 18 Maret 2017

#UPERP9T02B1 Tugas 02 - Mereview Blog Kesatu Tentang Accounting

Hari ini saya akan mereview sesuai pembagian modul yang telah di berikan yaitu tentang Accounting. Dari blog http://bzi-uperp20141.blogspot.co.id/

1. Pajak dan Rekening Perusahaan (link : http://bzi-uperp20141.blogspot.co.id/2014/11/pajak-dan-rekening-perusahaan.html)

Di link ini terdapat laporan wajib pajak dengan pelunasan tahunan dan laporan bulanan 3 bulan terakhir dan rekening bank yang tercantum.

Nomor Wajib Pajak :
05.125.65.0-158.000

Bukti Pelunasan Pajak Tahunan

Terakhir Nomor :
S-258/WPJ.13/KP.0887/PPN/2013

Tanggal :
05 Mei 2013

Laporan Bulanan 3 bulan terakhir

Terakhir Nomor :
Lengkap

Surat Keterangan Terdaftar :
PEM-99CV/WPJ.13/KP.0803/2013

Surat Pengukuhan Pengusahan Kena Pajak :
PEM-13/WPJ.13/KP.0803/2009


Rekening Bank

1. Bank Jabar Banten No. Acc. 00123112589 a.n. PT. Kita
2. Bank Mandiri No. Acc. 1307854698 a.n. PT. Kita
3. BNI No. Acc. 018888959 a.n. PT. Kita
4. Bank BRI No. Acc. 2094 01 001510 30 9 a.n PT. Kita
5. Bank BTN No. Acc. 00315 01 30 1000013 1 a.n PT. Kita
6. Bank Optimis No. Acc 0952678362 a.n. PT Kita


2. Aktivitas Transaksi PT. BZI (http://bzi-uperp20141.blogspot.co.id/2015/07/erpuas-02-bagaimana-melakukan-transaksi.html)

Transaksi terjadi jika ada penjual dan pembeli atau antara sales dengan purchasing.


Dalam kesempatan ini akan dijelaskan tahapan transaksi yang dilakukan antar Perusahaan. Contoh diberikan transaksi antara Perusahaan PT KITA dengan BANK ZAMRUD INDONESIA


Dalam hal ini PT KITA sebagai Customer (komunikasi diperankan oleh Purchasing Manager) dengan BANK ZAMRUD INDONESIA (diwakili atau diperankan oleh Sales Manager)


Secara sederhana tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut

a) PT KITA menerbitkan REQUEST FOR QUOTATION (RFQ)









b) BANK ZAMRUD INDONESIA (BZI) menerima RFQ, dan kemudian menerbitkan QUOTATION




c) PT KITA menerima QUOTATION dan jika sudah dilakukan negosiasi dan sepakat atas harga yang ditawarkan, selanjutnya PT KITA menerbitkan PURCHASING ORDER (PO)






d) PO diterima BZI




e) Seharusnya BZI melakukan pengiriman Barang (DELEVERY ORDER /DO), tapi dalam hal ini karena penjualan yang dilakukan adalah kredit bank (kredit modal kerja) maka tidak ada DO, melainkan Sales BZI menerbitkan Sales Order.





f) Setelah disepakati perihal Produk yang dikirim atau dalam hal ini produk perbankan (kredit), maka dan diterima oleh PT KITA, maka BZI menerbitkan INVOICE kepada PT KITA, untuk selanjutnya bertransaksi pembayaran cicilan dari kredit tersebut




g) Terakhir PT KITA melakukan pembayaran kredit dan BZI melakukan konfirmasi pembayaran.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar